Peraturan Nama Domain

Nama domain adalah string pengenal yang ditentukan oleh aturan dan prosedur Domain Name System (DNS). Harus ditunjukkan bahwa nama domain ditujukan untuk penggunaan eksklusif oleh satu badan hukum atau perorangan.

Secara khusus, nama domain merujuk ke sumber daya Protokol Internet, seperti situs web. Nama domain dapat digambarkan sebagai tempat untuk menemukan informasi dan aktivitas tertentu.

Akibatnya, dari sudut pandang pemasaran, nama domain dapat mewakili identitas perusahaan serta produk dan layanan yang ditawarkannya.

Oleh karena itu, nama domain harus seunik mungkin, karena keberadaan situs web dengan nama domain yang mirip dapat menyesatkan pelanggan dan calon mitra bisnis.

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) adalah organisasi nirlaba internasional yang mengawasi penetapan alamat IP dan nama domain.

Di antara kegiatan utama ICANN adalah memfasilitasi pendaftaran nama domain, mengembangkan kebijakan untuk menginternasionalkan sistem nama domain, dan menyelesaikan sengketa nama domain.

Secara khusus, ICANN mengembangkan Uniform Domain-Name Dispute-Resolution Policy (UDRP) untuk memfasilitasi penyelesaian sengketa terkait pendaftaran nama domain.

Proses registrasi:

Untuk mendaftarkan nama domain, registrar harus memverifikasi bahwa nama domain tertentu tersedia, lalu mendaftar ke registrar terakreditasi ICANN dan membuat catatan WHOIS yang berisi detail registrar.

WHOIS adalah database yang berisi informasi tentang pemilik domain terdaftar. Anda juga dapat mendaftarkan domain Anda melalui pendaftar reseller.

Pendaftar mengacu pada organisasi atau individu yang telah mendaftarkan nama domain. Pendaftar mencadangkan nama domain dengan mendaftar ke salah satu pendaftar domain atau pengecer.

Pendaftar harus mengikuti aturan tertentu yang ditentukan oleh pendaftar. Pendaftar harus mencocokkan biaya pembayaran dan penyerahan data terkini.

Selanjutnya, registrar harus mendaftarkan domain dengan name server agar domain tersebut dapat dijangkau dari Internet.

Jika pencatat tidak menyediakan layanan ini atau menyisih dari layanan pencatat, pencatat harus mengamankan atau meng-host server nama mereka sendiri.

Registrar adalah organisasi yang diakreditasi oleh ICANN dan diakreditasi untuk mengoperasikan registri untuk penjualan domain.

Namun, beberapa pendaftar dapat memilih untuk mendaftar melalui reseller. Operator Registri bertanggung jawab untuk menerima permintaan registrasi dari registrar atau registrar, memiliki database data registrasi yang diperlukan, dan menyediakan server nama untuk mempublikasikan data file zona melalui Internet.

Sengketa Nama Domain:

UDRP menetapkan kerangka hukum yang mengatur penyelesaian perselisihan antara pencatat nama domain dan pihak ketiga atas penyalahgunaan pendaftaran dan penggunaan nama domain di domain tingkat atas umum.

Akibatnya, setiap individu atau perusahaan dapat menggunakan prosedur UDPR untuk membuat klaim nama domain untuk domain tingkat atas generik (gTLD).

Prosedur Administratif UDRP dapat menyelesaikan perselisihan berikut:

Nama domain yang didaftarkan oleh registrar sama atau mirip dengan merek dagang atau merek layanan yang memenuhi syarat untuk keluhan.

Pendaftar nama domain tidak memiliki hak atau kepentingan hukum atas nama domain tersebut.

Nama domain Anda telah terdaftar dan digunakan secara jahat. Contoh mencolok dari nama domain yang terdaftar dan digunakan secara jahat adalah yang didaftarkan terutama untuk tujuan mengganggu bisnis pesaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *